Jumat, 10 Mei 2013

Li’l-H-Project3: Tepung…Tepung…Dibuang Jangan (dulu)


Ide originalnyamah lagi-lagi dari handsonaswegrow, yang mana intinya adalah salah satu kegiatan merangsang sensori anak dengan membiarkan dia mengeksplorasi benda-benda melalui inderanya. Salah satu medianya, tepung.

Nah, “keuntungan” rumah sering ditinggal-tinggal dalam jangka waktu yang lama tuh jadinya si Mbu bisa menemukan benda-benda yang udah kadaluarsa tanggal konsumsinya tapi masi bisa dipake buat hal laen, mainannya Hika misalnya ;p. 

Well ya sekarang ketang disyukurinyamah soalnya ada ide bermain ini, kalo dulu sih paling si Mbu misuh-misuh kalo nemu bahan-bahan makanan yang ternyata “tau-tau” udah ekspired wkwkwk..

Jadi ngapainkah Mbu, Hika dan tepung?

Mbu: ngasi tepung ke Hika berikut nampan gede buat alas dia bermain dan beberapa perabot bermainnya yang biasa.
Hika: langsung sibuk numpahin tepung dari plastik ke nampan (bengong sebentar ngeliat debu yang mengepul, dilanjut nyengir dan mengernyit saat berusaha meraup debu-debu…hihi…).

Setelah itu dia diem, nampak bingung mau diapain itu si tepung yang udah dia tumpahin…Mbu udah gatel aja pengen ikutan nimbrung, tapi ditahannnn dulu biar Hika nemu kegiatannya sendiri ah supaya tambah kreatif gitu maksudnya. N yap ga usah nunggu lama ternyata Hika udah nemu keasyikannya sendiri tuh.
Hika: meraup segenggam tepung untuk kemudian dia taburkan kembali ke nampan, berkali-kali...
Mbu: lanjut masakkk
Hika: mulai bosen “masak!” katanya nunjuk penggorengan
Mbu: okelah Mbu pinjemin satu teflon kecil dan sebuah sendok plastik
Hika: kembali asik memindah-mindahkan tepung ke teflon dan kembali ke nampan, kali ini pake sendok. *Ha, sepertinya ini latihan ketelatenan n kesabaran yang cukup bagus nih, soalnya nyendokin tepung pake sendok datar ternyata ga mudah ya buat si tangan mungil…hehe..ayo Hikaaaa ganbatte!!!! 

Bosen dengan acara pindah memindahkan, Hika terus masak-masakan. Masak bola warna-warni. "Wah, masak bakso ya, Ka?" Itu Mbu nanya..."Noo, Te-O" katanya sambil tetep asik main. Pura-pura goreng telor rupanya:D hihi..

hati-hati kalo ngasi perabot teflon, jangan dikasi sendok, garpu ato apapun yang terbuat dari logam yo, bisi kegores teflonnya:D

meriahnya acara masakkk sampe kakinya ikut dibumbuin juga;p

Lumayan lama dia tenggelam dalam keasyikan itu, sampe mbu beres masak. 
Tiba-tiba Hika narik baju Mbu “ Tanteu melukis” katanya..
hmm?apa ya? *ga ngerti tea 
“Mbu, tanteu melukis” katanya lagi dengan nada meminta. 
Ngeliat Mbunya ngasi tatapan “hah?” Hika trus jongkok dan mulai menggerak-gerakkan telunjuknya di hamparan tepung membentuk pola-pola acak. "Tanteu melukis, Mbu” katanya…ooooohhhh itu toohhhh! Ada yang tau sodara-sodaraaa????!!! 
Yeeeppp ternyata  Hika lagi merekonstruksi lukisan pasirnya "tanteu" Vina Chandrawatiiii …hahaha…ah baiklahhh…mari kita melukis “pasir” , Hika:D

sketch..sketch...Hika lagi doyan digambarin awan dan balon udara *biasanya ini ngegambarnya harus sambil diiringi lagu Balon Udara-nya Sherina...Hika yang nyanyi. Dia juga suka bikin jejak telapak, telapak dia sendiri, dan telapak Mbu^^


Catatan Mbu:
  • kalau melukis pake tepung enaknya diatas benda yang licin kaya teflon, kelebihannya warna hitamnya teflon juga bikin bentuk lukisan jadi lebih keliatan. Kalao ga ada teflon di nampan kaya gini bisa juga sih tapi biar lebih enakeun diakalin pake alas plastik mika kali ya nampannya?!
  • saat main-main dengan tepung hati-hati jangan sampe Hika menghirup udara bertepung, bisi bahaya ke paru-parunya ='O 
  • ternyata Hika juga bisa diajak beres-beres pasca bermain, asal Mbu bisa merekayasa acara beres-beres itu sebagai bagian dari bermain juga...hahaha.... 


8 komentar:

  1. wah ide bagus nih... mau ikut ah buat krucil-krucilku. Salam kenal, mak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mak Leyla;) makasih ya udah mampir:D

      siiippp selamat bersenang2 yaa sama krucilsnya;) Jabat tangan dari Hika n Alun ╭(′▽‵)╭

      Hapus
  2. salam kenal mak.... Kanaya juga pernah main tepung tapi harus diawasi karena bisa terpeleset....

    BalasHapus
  3. Hai Kanayaa asik ya main tepung:D iya jg ya lantai jd licin kl kena tepung:O
    ,waktu main sm Hika ga trllu ngeh sih Soalnya dianya banyakan duduk Hehe..

    BalasHapus
  4. Whaaaaa..... Serru skali mainnya, makasih sudah mengundang ya mbu nya Teh Hika dan De Alun. Qilla jg pernah nyobain tuh main tepung drumah, alhasil rumah jd penuh tepung smua krn qilla mainnya sambil jalan2 dan sang abi sukses dibuat bete dengan rumah yang makin amburadul, hehe.... Scara rumah kami cuman ad 2 ruangan, yaaa.... Jadi sluruh rumah kami penuh tepung. Hehe... Tapi memang episode main ini sangat menyenangkan, qilla jd nagih teruuus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...itumah bagian buat ortunya seru-seruan ya Qilla yaa..hihi..mana tepung di latei tu lmayan susah ya bersiinnya,xixi..enaknya kl punya penyedot debu *wondering..ups;p

      Hapus
  5. seruuuu... nanti teteh Abil mau ikutan main juga dong sama dede Hika dan dede Alun,
    tepungnya jangan dibuang lagi mbu klo abis main, tepungnya bisa dibuat dough (malam)
    resepnya:
    2 gelas tepung
    1 gelas garam
    1 sdm minyak goreng
    1/2- 1 gelas air dingin
    2 tetes pewarna (yang lucu2 ya, oren, ijo, pink, purple...)
    caranya:
    aduk rata tepung dan garam
    tambahkan air, pewarna dan minyak
    uleni
    tambahkan tepung bila adonan terlalu lembek
    siap dimainkan deeehhhh....
    setelah selesai, simpan di wadah tertutup, supaya awet bisa disimpan di kulkas juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho..makasih resepnya Abunnya Abilll:D iya euy mau bikin dough ga jadi mulu, kita dapet resep yg pake campuran dua tepung(terigu n maizena/sagu) plus lem kayu(sisanyamah sama)..pernah nyoba ga Abun?mana atuh hasil karya homemade doughnya Abun n Abil biar dijadiin contohh..

      Hapus